Bentuk Manajemen Komunikasi Menurut Prof. Drs. Onong U. Effendy
Bentuk
Manajemen Komunikasi Menurut Prof. Drs. Onong U. Effendy
Pengertian
Manajemen Komunikasi
Manajemen
komunikasi adalah perencanaan sistematis, penerapan, pemantauan, dan revisi
semua saluran komunikasi dalam suatu organisasi, dan antar organisasi; ini juga
mencakup organisasi dan penyebaran arahan komunikasi baru yang terhubung dengan
organisasi, jaringan, atau teknologi komunikasi.
Jadi,
pengertian manajemen komunikasi adalah bagaimana cara orang mengelola proses
komunikasi dalam hubungannya dengan pihak lain dalam konteks berkomunikasi.
Biografi
Prof. Drs. Onong U. Effendy
Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A. Beliau adalah salah
satu tokoh Ilmu Komunikasi di Indonesia. Beliau pernah menjabat Dekan Fikom
Unpad pada periode 1975-1982.
Komunikasi
dalam manajemen menurut Prof. Drs. Onong U. Effendy dikelompokan menjadi 3
bagian, yaitu :
1. Komunikasi
Eksternal
Komunikasi
antara perusahaan dengan perusahaan atau organisasi lain yang terjalin di luar
perusahaan.
2. Komunikasi
Vertikal
komunikasi ini
adalah hubungan timbal balik antara atasan dan bawahan melalui suatu etika komunikasi.
Arus komunikasi vertikal ini timbal balik dalam melaksanakan fungsi-fungsi
manajemen, bisa dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas.
3. Komunikasi
Horizontal
Komunikasi
antar karyawan atau antar pimpinan dalam sebuah organisasi atau
perusahaan. Dengan kata lain, komunikasi horizontal adalah arus komunikasi
yang berada di satu level dalam organisasi.
Sumber :
https://www.belbuk.com/onong-uchjana-effendy-pn-329.html
https://s3mn.mnimgs.com/img/shared/ck-files/ck_56530b1bcb474.png
Komentar
Posting Komentar