Bentuk Manajemen Komunikasi Menurut Prof. Drs. Onong U. Effendy

 

Bentuk Manajemen Komunikasi Menurut Prof. Drs. Onong U. Effendy

 

 

Pengertian Manajemen Komunikasi

Manajemen komunikasi adalah perencanaan sistematis, penerapan, pemantauan, dan revisi semua saluran komunikasi dalam suatu organisasi, dan antar organisasi; ini juga mencakup organisasi dan penyebaran arahan komunikasi baru yang terhubung dengan organisasi, jaringan, atau teknologi komunikasi.

Jadi, pengertian manajemen komunikasi adalah bagaimana cara orang mengelola proses komunikasi dalam hubungannya dengan pihak lain dalam konteks berkomunikasi.

 

Biografi Prof. Drs. Onong U. Effendy

Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A. Beliau adalah salah satu tokoh Ilmu Komunikasi di Indonesia. Beliau pernah menjabat Dekan Fikom Unpad pada periode 1975-1982.

 

Komunikasi dalam manajemen menurut Prof. Drs. Onong U. Effendy dikelompokan menjadi 3 bagian, yaitu :

1.     Komunikasi Eksternal

Komunikasi antara perusahaan dengan perusahaan atau organisasi lain yang terjalin di luar perusahaan. 

2.     Komunikasi Vertikal

komunikasi ini adalah hubungan timbal balik antara atasan dan bawahan melalui suatu etika komunikasi. Arus komunikasi vertikal ini timbal balik dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, bisa dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas.

3.     Komunikasi Horizontal

Komunikasi antar karyawan atau antar pimpinan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan kata lain, komunikasi horizontal adalah arus komunikasi yang berada di satu level dalam organisasi.





Sumber :

https://www.belbuk.com/onong-uchjana-effendy-pn-329.html

 

https://s3mn.mnimgs.com/img/shared/ck-files/ck_56530b1bcb474.png

 

 

 

 

Komentar